Clubhouse, Elon Musk dan Privasi Data?


Bulan lalu, Elon Musk melakukan perbincangan pertama di Clubhouse bulan lalu dengan CEO Robinhood, Vlad Tenev. Percakapan tersebut menyinggung berbagai hal mulai dari meme, crypto, dan bahkan diskusi atas GameStop (GME).


Pada tanggal 14 Februari kemarin, Elon Musk mengajak Putin (Presiden Rusia) untuk berdiskusi lewat Clubhouse.




Apa itu Clubhouse?


  • Clubhouse adalah platform berbasis suara (audio) yang mengijinkan kamu untuk menjadi "host" dalam sebuah percakapan atau kamu juga bisa bergabung dalam sebuah percakapan dengan pengguna lainnya.

  • Clubhouse berupa aplikasi yang saat ini hanya tersedia di iOS.

  • Kamu hanya dapat bergabung dengan Clubhouse dengan undangan dari temanmu yang sudah menjadi pengguna Clubhouse. Namun tutur CEO Clubhouse Paul Davidson, aplikasi ini akan terbuka untuk semua orang ketika aplikasi ini siap secara teknis.

  • Meskipun aplikasi ini eksklusif, hingga saat ini Clubhouse sudah digunakan oleh jutaan orang, kebanyakan pengguna Clubhouse ini adalah pemain utama di Silicon Valley dan industri hiburan.


Clubhouse dibuat di tahun 2020, menjadi platform yang populer dalam waktu singkat. Ide Founder dari aplikasi ini yang hanya mengijinkan unsur audio, melepaskan kamu dari kekhawatiran atas penampilan kamu ketika masih berantakan di rumah, kondisi ruangan, baju yang pantas untuk dikenakan untuk meeting, dll.

Fleksibilitas aplikasi ini yang mengijinkan pengguna untuk bergabung dan meninggalkan percakapan kapan saja juga merupakan nilai plus untuk aplikasi ini.


1.Cara Bergabung

Sayangnya, sampai saat ini kamu hanya dapat bergabung dalam Clubhouse dengan undangan dari temanmu yang sudah tergabung dalam Clubhouse.

Temanmu harus sudah menyimpan nomor hp mu dalam list kontaknya, dan mengirimkan undangan Clubhouse ini kepadamu.


Kamu bisa saja meminta untuk bergabung tanpa undangan, namun menunggunya perlu waktu yang cukup lama dan permintaanmu belum tentu disetujui.


CEO Paul Davidson mengatakan bahwa aplikasi Clubhouse juga akan tersedia di Android seiring dengan kematangan teknis aplikasi ini.


2. Cara kerja Clubhouse

Ketika kamu masuk dalam Clubhouse, kamu akan melihat tampilan list "room" dan orang-orang yang berada dalam "room" itu. Kamu dapat bergabung dengan mengetuknya, atau membuat ruangan kamu sendiri.


Sebagian besar ruang Clubhouse bernuansa TED Talk, dengan 1 pembicara dan yang lainnya sebagai pendengar.




Let's talk to us to talk about your business marketing activity!

Mulai dari inisiasi konsep, strategi sampai eksekusi.

Wait and see bagaimana bisnismu berkembang di dunia digital dengan strategi

marketing dan branding di media sosialmu, starting today.



3. Privasi data

Clubhouse mendorong kamu untuk mengintegrasikan dengan akun Instagram dan Twitter, yang merupakan cara kamu untuk menemukan orang lain atau sebaliknya.


Meskipun aplikasi Clubhouse bukan aplikasi pertama yang agresif dalam hal data privasi pengguna, hal ini merupakan salah satu poin yang harus kamu pertimbangkan sebelum bergabung dalam Clubhouse.



Meski aplikasi ini memiliki beberapa metrik dan metode untuk mencegah sabotase data - yakni dengan memblok pengguna, untuk membuat "room" menjadi "private", dan untuk fitur melaporkan kejadian, Clubhouse dikritik karena memiliki alat moderasi yang kurang memadai, sehingga penyebaran informasi yang tidak benar, ungkapan kebencian hingga ke ranah politik.


Clubhouse menyatakan sedang mengatasi dan memperbaiki fitur keamanan dan penyaringan informasi ini untuk menghindari hal-hal serupa terjadi di kemudian hari.


Insight sosial media marketing follow Instagram kami di @creativescatalystcom



Let's talk to us to talk about your business marketing activity!

Kami membantu bisnismu mulai dari inisiasi konsep, strategi sampai eksekusi.

Wait and see bagaimana bisnismu berkembang di dunia digital dengan strategi marketing dan branding di media sosialmu


Cheers,

Creatives Catalyst Team

2 views0 comments

Recent Posts

See All